anda disini: Elution

Elution

Elution, merupakan proses desorpsi emas-perak dari karbon.
Setelah dilakukan pencucian dengan asam ( Acid wash ) dengan menggunakan HCL 3% dengan temperatur kamar selama 4-5 menit untuk menghilangkan kotoran dan senyawa inorganik seperti CO3 2- ( karbonat ) yang ikut teradsorpsi pada permukaan karbon. Reaksi pencucian dengan asam :

    CaCO3 + 2HCl → Ca 2+ + 2Cl - + CO2 + H2O
    2Ca[C-Au(CN)2-]2 + 4H + → 2Ca 2+ + 2[C-Au(CN)2-]+ 4HCN

 Asam lain juga bisa digunakan missal : HNO3 hanya saja karena lebih oksidatif maka harus di perhatikan benar penggunaannya agar karbon ( C ) tidak teroksidasi menjadi CO2.

 Setelah dicuci dengan air bersih, lalu dengan cara merendam karbon ( carbon stripping ) tersebut pada larutan yang mengandung NaOH 3% dan NaCN 3% dan dipanaskan sampai mendekati temperatur didih air ( 80 – 90 oC ) pada tangki baja  ( stainless steel ) selama paling tidak 2 hari untuk melepaskan Au-Ag dari karbon. Reaksi pelepasan Au-Ag :

    C-Au(CN)2- + NaCN → Na + +Au (CN)2- +C
    C-OH + OH- → C-O- + H2O

 Larutan hasil proses ini kemudian diolah dengan proses merill crowe di atas atau dengan cara electrowinning. Sedangkan karbon yang masih kasar ( diameter > 1 mm ) dapat digunakan kembali untuk proses penyerapan sampai 5 kali. Lebih dari itu karbon perlu diaktifkan kembali ( reaktivasi karbon ) dengan cara dicuci dengan asam klorat ( HCl ) panas (85  oC) dan dilanjutkan dengan pemanggangan pada temperatur 650 o s/d 750 oC.


 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN ANDA KEPADA KAMI SEMOGA SEMAKIN SUKSES DAN BERJAYA ....